permainan kecil pendidikan jasmani olahraga dan kesehatan kelas 5

Banyak permainan yang bisa dilakukan dalam pembelajaran pendidikan jasmani di sekolah dasar diantaranya permainan yang menggunakan bola (sepak bola, vola voli, bola basket dan lain sebagainya). yang semua itu sangat bagus untuk perkembangan motorik anak serta dapat melatih kerjasama dalam sebuah kelompok atau tim dalam mengatur strategi bersama. Yang terpenting dalam permainan pendidikan jasmani adalah agar tubuh tetap sehat, bugar, dan tentunya menyenangkan ketika dilakukan.

berikut beberapa bentuk permainan pendidikan jasmani yang bisa dipraktekkan di sekolah dasar:
  1. Sentuh Membeku, permainan ini bagus dilakukan untuk semua usia, pertama lakukan hompimpa untuk mencari siapa yang akan jadi anak "pembeku" sebelum permainan dimulai. tentukan batas area permainan agar permainan tetap terkendali. "sentuh membeku" ya!! sentuh teman bermain maka dia yang tersentuh harus diam membeku seperti balok es dan tidak boleh bergerak dengan kedua kaki terbuka selebar bahu. tugas guru mendukung anak-anak yang lain untuk terus bergerak menghindar agar tidak tersentuh dan mendukung mereka agar menyentuh teman yang membeku agar bisa bergerak kembali. poin bagi mereka yang berhasil membebaskan mereka dari posisi membeku.
  2. Bola Warna Gila, permainan ini bagus untuk morik bagus pula untuk mengasah kemampuan otak dalam berpikir tentang matematika. siapkan peralatan dan area permainan, bariskan siswa menjadi 3 barisan. Guru memberi aba-aba peluit sekaligus memberi sebuah soal. contoh, "16 Penjumlahan 3 bola!" atau bisa pembagian, pengurangan atau perkalian. sehingga siswa berlari sambil berfikir angka berapa saja yang akan mereka cari dan dibawa ke garis finish. dalam menuju ke keranjang bola siswa diberi rintangan berupa lari zig-zag (hal ini bisa dimodifikasi sesuai keinginan) begitu pula ketika kembali menuju finish. siswa yang benar menjawab soal mendapat poin sedangkan yang salah akan mendapatkan hukuman.

Comments

Popular posts from this blog

Memutar Mengayun dan Menekuk

Sikap Berdiri dan Berjalan

Jalan Lari dan Lompat