Lompat Kangkang di Sekolah Dasar (SD) yang di modifikasi

pada umumnya pada latihan gerakan lompat kangkang menggunakan peti lompat untuk mempraktekkannya, akan tetapi jika dikarenakan tidak adanya ketersediaan alat tersebut maka sebagai guru pjok harus berfikir bagaimana mengatasi permasalahan ini agar pembelajaran lompat kangkang tetap bisa dilaksanakan, dan anak-anak merasa senang dan bahagia dalam pembelajaran dengan harapan mereka tetap dapat memperoleh ilmu yang maksimal dan optimal melalui pembelajaran praktek yang mereka lakukan.

 Gerakan ini bertujuan untuk melatih keterampilan dan kepercayaan diri sehingga dapat meningkatkan mental. berikut peralatan yang diperlukan dan cara mempraktekkannya:
Kursi : Pergunakan kursi yang berbahan plastik yang kuat dan tidak memiliki sandaran dengan lebar sisi kisaran 40cm dan tinggi 60cm.

Matras : untuk menjaga keamanan ketika mendarat selesai melakukan lompatan diperlukan adanya matras, pilih matras yang empuk dan tidak terlalu keras agar ketika jatuh terasa nyaman dan tidak membahayakan.

Cara mempraktekkan
  1. pasang kursi dan matras dengan posisi menempel dengan kursi agar ketika melakukan pendaratan langsung mendarat di matras.
  2. bariskan siswa satu barisan lurus ke belakang, jarak anak yang paling depan dengan kursi lompatan kurang lebih 20m.
  3. beri aba-aba sebelum melakukan start, berupa bunyi peluit atau hitungan atau yang lain.
  4. ketika peluit tanda start berbunyi, siswa berlari menuju ke kursi, semakin dekat dengan kursi maka berlari semakin cepat.
  5. lakukan gerakan lompat kangkang dengan kedua tangan sebagai tumpuan di atas kursi.
  6. lakukan pendaratan dengan kedua kaki sejajar, hindari pendaratan pada bagian luar matras agar tidak jatuh atau cedera.
  7. ulangi tahapan nomor 3-6 pada anak berikutnya.
  8. setelah selesai hingga anak paling akhir tambahkan kursi dan tumpukkan pada kursi yang dipakai tadi hingga menjadi 2 tumpuk kursi, untuk meningkatkan level lompatan siswa. 
  9. siswa yang tidak bisa melompati maka dieliminasi dan tidak boleh melanjutkan ke level berikutnya.
  10. tambahkan terus kursi untuk meningkatkan level lompatan, sampai memperoleh 3 anak untuk menentukan juara 1, 2 dan 3. pada permainan lompat kangkang ini.




Comments

Popular posts from this blog

Memutar Mengayun dan Menekuk

Sikap Berdiri dan Berjalan

Jalan Lari dan Lompat