Pengertian Manajemen Menurut Ahli




Pada saat sekarang ini istilah manajemen sudah banyak dikenal di negara kita Indonesia, baik di kalangan masyarakat secara luas maupun kalangan Perguruan Tinggi. Di kalangan perguruan Tinggi sendiri, ternyata hampir semua disiplin ilmu (fakultas) telah mengajarkan Ilmu Manajemen. Juga terlihat pula di setiap organisasi masyarakat baik yang mencari keuntungan maupun lembaga-lembaga sosial, hampir semuanya menyadari akan arti pentingnya ilmu manajemen yang diterapkan di dalam organisasi, untuk memperlancar tugasnya sehari-hari.
Mengenai ilmu manajemen sendiri dapatlah diberikan suatu pengertian yang cukup sederhana, sebagai berikut :
Ilmu manajemen adalah suatu ilmu yang mempelajari bagaimana cara mencapai suatu tujuan dengan efektif serta efisien dengan menggunakan bantuan/melalui orang lain.
Yang dimaksudkan menggunakan bantuan/melalui orang lain di sini mencakup arti yang sangat luas, yaitu dapat berupa bantuan orang lain dalam wujud pikiran, tenaga serta dapat pula intuisinya (Julitriarsa, 1998 : 1).
Dikembangkan oleh Manullang, manajemen adalah seni dan ilmu perencanaan, pengorganisasian, penyusunan karyawan, pemberian perintah, dan pengawasan terhadap “human and natural resources” terutama human resources untuk mencapai tujuan yang telah ditentukan terlebih dahulu (Julitriarsa, 1998 : 3).
Definisi Terry lebih menekankan pada segi proses atau manajernya yaitu manajemen adalah soal proses tertentu yang terdiri dari perencanaan, pengorganisasian, pelaksanaan dan pengawasan penggunaan setiap ilmu dan seni bersama-sama dan selanjutnya menyelesaikan tugas untuk mencapai tujuan (Terry dalam Julitriarsa, 1998 : 3).






Comments

Popular posts from this blog

Memutar Mengayun dan Menekuk

Sikap Berdiri dan Berjalan

Jalan Lari dan Lompat