Cara memotivasi siswa dalam pembelajaran motorik


Banyak guru yang tidak menyadari pentingnya pemberian motivasi kepada siswa ketika pembelajaran motorik berlangsung. Seorang siswa yang mendapatkan motivasi penuh dari gurunya dalam pembelajaran motorik akan berusaha sekuat tenaga dan penuh rasa tanggung jawab sehingga mendapatkan keterampilan motorik yang maksimal. Berikut cara memberikan motivasi kepada siswa ketika pembelajaran motorik:
1. Memperkenalkan keterampilan
Cara ini dilakukan sebelum pembelajaran motorik berlangsung agar mereka termotivasi sejak awal hingga akhir pembelajaran, memberikan penjelasan tentang manfaat suatu keterampilan akan menjadikan para siswa memiliki tujuan dan arah yang tepat dalam belajar. Selain manfaat keterampilan guru juga harus menjelaskan tentang cara keterampilan itu ditampilkan dalam tingkat yang sebenarnya, misalnya melakukan simulasi gerakan yang benar atau pemutaran video yang menampilkan gerakan yang baik dan benar.
Dengan rangsangan dan pengetahuan seperti itu maka siswa akan menerima motivasi untuk selalu belajar dengan giat sehingga mendapatkan hasil yang sangat memuaskan.
2. Menetapkan tujuan belajar
Dengan menetapkan tujuan belajar diharapkan siswa dapat menunjukkan hasil belajar dengan baik dalam pembelajaran motorik, tujuan pembelajaran motorik harus disesuaikan an dengan kemampuan siswa.
3. Membandingkan dengan individu atau kelompok lain.
dengan membandingkan kemampuan motorik siswa satu dengan yang lain atau kelas satu dengan yang lain maka siswa akan termotivasi untuk melakukan usaha lebih baik dan mencapai tujuan lebih baik dari siswa atau kelompok yang lain.
4. Pendekatan persuasif
cara yang keempat ini biasanya dilakukan ketika yang dihadapi adalah siswa yang memiliki sikap kurang percaya diri ketika akan melakukan aksi dalam pembelajaran motorik, oleh karena itu seorang guru harus memberikan motivasi langsung secara individu agar siswa tersebut lebih percaya diri dan mau berusaha lebih baik dari siswa yang lain untuk mencapai tujuan yang telah ditetapkan.

Comments

Popular posts from this blog

Memutar Mengayun dan Menekuk

Sikap Berdiri dan Berjalan

Jalan Lari dan Lompat